Halo sobat Panduan Membeli Laptop Murah, mungkin kalian sudah pernah membeli atau sedang berencana untuk membeli Notebook Asus X44H dijogjakarta. Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya di Panduan Membeli Laptop Murah bahwa laptop atau notebook Asus X44H ini merupakan laptop kelas menengah dengan harga yang terjangkau untuk kantong mahasiswa. Dengan bandrol harga sekitar 3 jutaan dan dilengkapi dengan Processor Celeron B830 (1,8GHz), RAM 2GB, dan HDD 500GB, notebook ini mampu mewadahi keinginan masyarakat akan sebuah notebook murah.


Dengan hardisknya yang berukuran 500 GB, kecepatan bootin laptop Asus akan memakan waktu lama mengingat chace processornya hanya sebesar 1,8 GHz, sehingga penulis memutuskan untuk mengganti hard disknya dengan SSD. Untungnya Panduan Membeli laptop murah mendapatkan bantuan dari Toko Komputer Jogja untuk menyediakan SSD dengan harga yang murah.

SSD, apaan sih itu ?
Yah, buat sebagian pembaca mungkin terdengar agak asing istilah satu ini. SSD atau kepanjangan dari Solid State Drive bisa menyerupai hard disk, namun dengan kecepatan tranfer yang lebih cepat dalam perpindahan data dan tahan banting (bukan berarti harus dibanting-banting brrooo). Harga yang kami dapatkan dari Toko Komputer Jogja untuk satu buah SSD ini memang tidak terlalu mahal, kami merogoh kocek seharga Rp. 1,2 Juta untuk memebeli SSD dengan kapasitas 120GB SATA III. (Coba baca artikel tentang perbedaan SATA II dan SATA III di situs ini.)

Hasil Uji Coba
Hasil uji coba menunjukan hasil yang memuaskan. Kecepatan booting yang tadinya membutuhkan waktu 2 menit untuk window logon, setelah kami mengganti dengan SSD, kami mendapati kecepatan booting mencapai 1,5% lebih cepat dari sebelumnya. (kira-kira membutuhkan waktu 1,2 menit)

Hal Ynag Perlu diperhatikan
Oh ya, ada yang lupa kami informasikan ! Solid State Ini memliki ketebalan 9 mm, buat notebook yang terbilang tipis, periksa dulu ketebalan hardisk anda. Sehingga anta tidak kecewa setelah membeli. Untungnya  Laptop Asus ini memiliki ruang meletakan hardisk yang luas, sehingga memungkinkan masuk. Terima kasih kepada Toko Laptop Jogjakarta yang telah memberikan kami kesempatan untuk mengobrak abrik laptopnya. Hehehehe dan juga tidak lupa ucapan terima kasih kami sampaikan untuk Toko Komputer Jogja karena telah memberikan diskon untuk Solid State Drivenya.