Header Ads

Driver Laptop Hilang, Jangan Bingung !

Hai sobat panduanlaptopmurah, Anda para pemiliki laptop pasti tau dong apa itu driver ? Secara etimologi driver itu supir. Lhoo koq gitu mas ? yah, kalo kita buka kamus trus liat dibagian huruf D, pastinya bakal nemu kata driver (dra'ifer) supir, orang yang membawa. Trus hubungannya sama driver laptop apa ? Coba dicerna baik-baik, jika driver diartikan sebagai orang yang membawa, maka driver laptop bisa kita samakan, yaitu sesuatu yang membawa. Membawa apa ? data-data penting untuk mendukung jalannya sebuah program.

Kalo kita punya laptop baru, pasti sudah diinstalkan berbagai macam software untuk komputer baru kita. Tapi terkadang juga ada yang masih berbentuk kosongan, alias belum diinstall sama sekali. Dan laptop masih berlayar hitam atau biru (jika belum diinstal atau dipasang operating system). Walau sudah diinstall operating system sekalipun, gambar layar serasa gemuk, besar, tak ada suara, LAN tidak bisa digunakan dan sebagai rupa lainnya. Sehingga dibutuhkan Driver untuk bisa membuat benda-benda tadi berfungsi.

Ada kalanya, Driver Laptop baru ini dikemas dalam bentuk satu keping CD yang diberi label merek laptop tertentu, nah kasusnya adalah ketika CD driver ini hilang, kita kalang kabut mencari driver yang cocok untuk laptop kita. Karena enggak semua seri driver bisa cocok dengan beragam hardware chipset yang ada didalam laptop baru kita. Tips berikut ini moga bisa membantu rekan-rekan yang baru punya laptop baru atau laptop lama, yang kehilangan CD driver atau bahkan tidak disertakan CD drivers oleh penyelia atau produsen.

  1. Buat laptop baru yang keluar tahun 2011 keatas, ada baiknya kalian menginstall Window 7 sebagai operating system kalian. Percaya boleh usut dimana-mana, window 7 memiliki update patch lengkap untuk katalog beragam driver laptop atau komputer baru saat pertama kali install. Selain itu, window ini kebilang stabil ketimbang kakaknya yaitu Window Vista, ringan dalam bootablenya.
  2. Manfaatkan driverpack solution, sebuah situs di rusia mengeluarkan software yang berisi ribuan driver untuk semua PC, laptop baik baru maupun sudah usang. Kalian bisa download driver pack solution ini di sini.Perlu diingat, kalau driver pack solution ini gedenya bisa mencapai 3 GB, saran saya ketika kalian mau download software ini, pastikan internet kalian nggak putus ditengah jalan alias nggak stabil atau kalo punya temen yang kerja di warnet, minta dia downloadin software ini buat kalian.
  3. Laptop sudah ada drivernya, tapi mau diinstal ulang ? back up dulu tuh driver. Caranya bisa menggunakan Driver Pack Solution yang diatas atau menggunakan magic driver atau driver detective. 

Post a Comment

0 Comments