Header Ads

Cara Merawat Batre Laptop Agar Tahan Lama

Cara ini terbukti mengembalikan performa battre laptop 52%

Baru beberapa bulan membeli laptop, tapi batre mulai menunjukan tanda-tanda tidak tahan lama seperti awal-awal digunakan, berikut cara merawat batre laptop agar tetap awet dan tahan lama. Kami mengujinya pada laptop Acer Aspire dan performa battre tersebut meningkat 52%.



Sebagaimana kita tau, battre adalah nyawa agar laptop bisa menyala tanpa harus dicolok ke sumber listrik selama digunakan. Pada saat awal digunakan mungkin batre laptop bisa dipakai hingga lebih dari 4 jam, tapi lambat laun semakin menurun dan lebih sering di charge karena cepat habis walau penggunakan laptop baru 1 atau 2 jam.

Bagaimana kami bisa mengembalikan performa batre laptop hingga 52%, baca baik-baik.

1. Mulai dengan membersihkan laptop

Banyak pengguna laptop yang malas membersihkan laptopnya. Hal ini seringkali membuat lubang ventilasi laptop tersumbat oleh debu. Tersumbatnya lubang ventilasi ini membuat laptop cepat panas dan memaksa fan (kipas) bekerja lebih keras.

Source : videohive.net/

Kinerja kipas yang keras ini tentu saja membuat baterai laptop Anda bekerja lebih banyak dan mengkonsumsi banyak energi, menjadikan baterai laptop cepat habis. Untuk menghindari konsumsi daya yang berlebihan, pastikan rajin membersihkan laptop terutama di daerah lubang ventilasi.

2. Turunkan Brightness Atau Kecerahan Layar

Kecerahan layar laptop memakan cukup banyak power baterai. Menurunkan brightness layar laptop walaupun satu atau dua level bisa membuat baterai laptop lebih awet. .

Source : howtogeek.com/
Dari hasil riset yang kami lakukan, dengan menurunkan level kecerahan, sebuah batre laptop acer aspire mengalami efisiensi konsumsi daya hingga 26%.

3. Hindari Menggunakan CD/DVD Untuk memutar sebuah media

Film baru terus bermunculan, membuat anda ingin menyaksikannya satu persatu. Tapi karena keterbatasan dana untuk nonton di bioskop, tentu kita akan mencari CD atau DVD filmnya.



Sayangnya menonton film langsung pakai CD atau DVD akan mengkonsumsi daya battre laptop lebih banyak dari biasanya. Karena pemutaran CD dan DVD membuat Drive CD kita bekerja untuk membaca CD tersebut, semakin sulit data di CD itu terbaca, semakin keras sebuah putaran dan optik disk untuk bekerja.

Baca Cara Nonton Film di Bioskop Dengan Harga Terjangkau

4. Gunakan Sleep Mode Ketimbang Shutdown

Saat selesai menggunakan laptop, kita pasti akan menekan tombol shutdown. Sayangnya hal ini akan mengkonsumsi daya manakala laptop kembali dinyalakan, karena harus melakukan loading program dari awal.



Untuk menghindari konsumsi berlebihan karena melakukan booting, sebaiknya gunakan sleep mode atau hibernate pada laptop. Karena semua file dan program pada sleep mode atau hibernate akan disimpan di memori sementara. Ketika Anda menyalakannya lagi, file dan program tersebut akan langsung siap untuk digunakan. Selain itu hal ini juga menghemat waktu kerja anda.

Tapi jika anda berencana untuk mematikan laptop anda untuk waktu yang lama, maka shutdown bisa dilakukan untuk menjaga battre laptop tetap prima.

5. Defrag Hardisk Secara Berkala

File yang terfragmentasi membuat hardisk bekerja dengan lebih keras. Hardisk harus menemukan file yang terpecah tersebut dan menyatukannya ketika diakses. Hasilnya, hardisk akan memerlukan power baterai yang lebih besar.

Source : howtogeek.com/

Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan defrag hardisk ketika laptop Anda sedang terhubung dengan power listrik. Ingat, jangan melakukan defrag saat laptop menggunakan battre. Proses defrag memerlukan power yang cukup besar dan bisa membuat power baterai laptop habis dalam waktu singkat.

Menjaga batre laptop tetap prima merupakan pekerjaan yang mudah selama kita memahami cara merawatnya dengan baik dan benar. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini kepada teman-teman anda.

Post a Comment

0 Comments