Sekarang ini, semuanya harus serba praktis. Termasuk untuk komputer, kalau dulu komputer itu ga bisa jauh-jauh dari sumber listrik, sekarang tinggal masukin aja dalam tas dan bisa dibawa kemana-mana.

Ngobrolin soal komputer, kalian tau gak sih apa bedanya Notebook, Netbook dan Laptop?
Sebagai orang Indonesia yang udah melek teknologi, apakah kamu masih enggak bisa bedain apa itu netbook, notebook dan laptop? Kalau gitu, yuk coba simak penjelasan dibawah ini.

Walau punya kemiripan bahasa, karena emang istilah diatas merupakan istilah serapan dari bahasa inggris, ternyata Laptop, Netbook, dan Notebook memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Tentang Notebook

Merujuk pada kamus bahasa inggris dan mencari padanan kata di KBBI, ternyata Notebook itu merupakan buku catatan. Nah lo, lalu bagaimana dengan komputer portable yang sering disebut Notebook, apakah salah?

Ternyata tidak gengs, yang salah adalah ketika kita menyebutkannya tidak sempurna. Karena yang benar itu disebut sebagai Notebook Interface, istilah ini muncul setelah Macintosh memperkenalkan sebuah program bernama Wolfram Mathematika.

Secara sederhananya, notebook interface itu adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan tulisan dalam bentuk digital, yang kemudian digunakan untuk menterjemahkan bahasa pemrograman menjadi sebuah bentuk aksi.

Jadi, komputer kita ya bisa disebut sebagai notebook interface gengs.

Tentang Netbook

Kalau yang satu ini, muncul karena  pengembangan teknologi dimana diciptakan sebuah komputer jinjing yang ringan dan kecil.



Karena ukurannya yang kecil, tentu menjadikan device ini memiliki keterbatasan. Wajar karena komputer ini awalnya diciptakan untuk bisa mengoperasikan program office dan internetan saja. Kalau sampe ada yang make untuk main game, wah keterlaluan sih. Kasian Lemotnya minta ampun.

Wajar bisa lemot, karena netbook dilengkapi dengan Ultra Low Processor, yang mengkonsumsi tenaga sangat kecil. Sedangkan untuk pemakaian tugas berat, dibutuhkan konsumsi daya yang besar.

Tentang Laptop

Nah kalau yang isitlah yang satu ini sih muncul karena orang-orang menyebutkan demikian.Percaya enggak percaya nih gengs ya, Laptop adalah istilah yang muncul untuk perangkat notebook computer yang bisa diletakan diatas pangkuan (lap: pangkuan; top: atas).

Hayo, kalian pasti enggak sadar ya kan? Karena memang Laptop digunakan dengan cara dipangku. Hahaha Gokil.
Etapi kalau versi seriusnya sih, laptop itu nama aslinya adalah notebook computer. Selain karena laptop memiliki layar, keyboard, mouse yang terintegrasi jadi satu unit, laptop memang paling mumpuni untuk mengerjakan berbagai macam tugas berat yang tidak bisa dilakukan oleh netbook.
Mulai dari tugas ngetik biasa, editing gambar, sampai main game pun bisa dilakuan dengan laptop, selama processor dan ram nya cukup mumpuni ya gengs.

Karena sekarang laptop udah lebih populer alias banyak yang pakai, sebutan notebook pun melekat pada laptop.

Bagaimana, sekarang udah tidak salah sebut lagi dong. Kamu jadi tau mana bedanya Notebook dan Netbook. Apalagi sekarang lebih mudah kredit laptop, menjadikan laptop banyak peminatnya.

Kalau kamu merasa informasi ini bermanfaat, boleh loh sharing ke temen-temen kamu yang masih suka salah sebut, biar tambah pinter. Sekalian kasih tau juga suruh sering baca panduan laptop murah, karena hanya disini kamu bisa dapatkan informasi terbaru dan terupdate tentang dunia teknologi.