Header Ads

Cara mudah menjadikan hp sebagai speaker

Dengan Cara ini, HP kamu bisa jadi Speaker lho

Sedang asik-asik nonton film Dumbo di laptop lalu suara di speaker kamu hilang? Tenang, kami punya solusinya. Dengan kecanggihan teknologi android, smartphone kini bisa melakukan banyak hal yang belum kita ketahui, salah satunya adalah menjadi speaker atau pengeras suara.


Beberapa smartphone memiliki kualitas audio yang cukup baik untuk skala multimedia dan entertainment, hal ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa developer aplikasi android untuk memanfaatkan fitur tersebut sebagai alternatif manakala kita membutuhkan speaker cadangan.

Dengan berbekal konektivitas wifi yang ada disetiap laptop, kamu bisa mendengarkan audio dari telepon pintarmu. Berikut cara yang harus kamu lakukan agar HP kamu bisa di ubah menjadi speaker.


Langkah 1 - Persiapkan Aplikasi Androidnya

Karena cara ini menggunakan aplikasi tambahan, maka sebaiknya kamu unduh terlebih dahulu software tersebut. Aplikasi yang akan kita gunakan adalah soundwire server (untuk PC/Laptop) dan soundwire client (untuk Smartphone Android).

Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mentransver audio melalui jaringan nirkabel WIFI pada laptop menuju smartphone androidmu.

Kita akan melakukan instalasi pada dua device, soundwire server untuk PC atau laptop dan soundwire client atau soundwire free untuk smartphone. Jalankan instalasi seperti biasa sampai selesai untuk kedua device tersebut.

Langkah 2 - Lakukan Setting Pada Kedua Device

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa kedua device terhubung pada satu konektifitas yang sama. Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan laptop dan smartphone mu agar memiliki satu koneksi, yaitu :
  1. Dengan terhubung ke wifi yang sama
  2. Jadikan smartphonemu hotspot, dan hubungkan laptopmu ke hotspot ini
Dengan dua cara di atas, sudah pasti kita punya satu koneksi yang sama antara laptop/PC dengan smartphone kita.


Kemudian jalankan aplikasi soundwire servernya, lihat bagian Server Address dan catat alamat yang tertera untuk selanjutnya dihubungkan ke smartphone Android kamu.

Langkah 3 - Hubungkan dengan Smartphone

Setelah mencatat IP address yang tertera apada soundwire server, sekarang jalankan aplikasi soundwire client di smartphone kita.

Masukan alamat IP yang tadi tertera pada server kedalam tab yang tersedia.


Pastikan pada Versi Server statusnya berubah dari Disconnected menjadi Connected. Dengan demikian proses menjadikan HP mu pengeras suara telah sukses. Untuk memastikan suara keluar atau tidak, silahkan coba putar video ataupun lagu dari aplikasi favoritmu.

Sumber Artikel

Post a Comment

0 Comments